Macam Motif Batik

 

Macam - Macam Motif Batik, batik, batik indonesia, batik nusantara, Motif Batik dan Filosofi Batik, motif batik, sejarah, sejarah batik, sejarah batik nusantara, tentang Batik Indonesia,

 

Macam Motif Batik

Dahulu batik dibuat dalam bahan berwarna  putih yang terbuat dari kapas (kain mori) . Sekarang ini semakin berkembang dengan bahan-bahan semacam sutera, poliester, rayon dan bahan sintetis lainnya.

Motif batik sendiri dibentuk dengan cairan lilin yang menggunakan alat bernama canting untuk motif halus, atau kuas untuk motif berukuran besar, dengan demikian maka cairan lilin dapat meresap ke dalam serat sebuah kain. Setelah itu, kain yang sudah berhasil dilukis dengan lilin tadi, lalu dicelup dengan warna yang diinginkan oleh si pembuat, biasanya dimulai dengan warna-warna muda. Pencelupan kemudian dilakukan untuk motif batik lain dengan warna lebih tua atau gelap. Kemudian Setelah beberapa kali proses pewarnaan, kain yang telah dibatik dicelupkan ke dalam bahan kimia dengan tujuan melarutkan lilin. Dan berikut adalah macam motif batik beserta makna motif- motif batik:

1. Motif Parang Kusumo
Motif yang memiliki makna berarti Parang Kusumo = Bangsawan
Mangkoro = Mahkota
Pemakai mendapatkan kedudukan, keluhuran dan dijauhkan dari marabahaya.

2. Motif Kawung
Motif yang memiliki makna berarti lambang keperkasaan

3. Motif  Sidoluhur
Motif batik yang memiliki makna berarti

3. Motif Sidoasih
Motif yang memiliki makna berarti dua jiwa menjadi satu

4. Motif Bondet
Motif yang memiliki makna berarti dua jiwa menjadi satu

5. Motif Sekar jagad
Motif yang memiliki makna berarti Hatinya gembira semarak

6. Motif Sidomulyo
Motif yang memiliki makna berarti Bahagia, rejeki melimpah

7. Motif Semen Rante
Motif yang memiliki makna berarti Panah mengena dan diikat

8 Motif Sidomukti
Motif yang memiliki makna berarti Bahagia, berkecukupan

Nah, diatas merupakan penjelasan kami mengenai macam motif batik beserta makna untuk anda. Yang sengaja kami sajikan secara bertahap agar mempermudah pemula untuk belajar mengenai macam motif batik.

Sebagai pelengkap referensi anda mengenai motif batik lainnya, silahkan kunjungi artikel kami yang membahas " Motif batik beserta maknanya " .Semoga bermanfaat.

Macam Motif Batik